Kamis, 03 November 2011

Emas Berkilau di Tengah Redupnya Eropa

      Sampai sesi perdagangan siang di Asia (Kamis, 03/11) Emas terpantau rally hingga sempat mencatat kisaran $1733/troy ons.   
     Rally harga emas terutama di picu oleh ketidakpastian soal penanganan krisis utang Eropa pasca rencana referendum Yunani yang di lontarkan oleh PM Yunani. Sebab, referendum Yunani memicu ketidakpastian kembali soal penanganan krisis utang.
     Dan jika rakyat Yunani menolak kesepakatan bailout terbaru melalui referendum jelas bisa mengancam penyaluran bailout berikutnya sehingga memperbesar ancaman terjadinya default dan penyebaran krisis. Sekaligus jadi ancaman bagi kestabilan pasar keuangan dunia.
      Sontak kondisi tersebut membuat pasar mengurangi eksposurnya pada major currencies khususnya mata uang tunggal Euro. Dan kini terlihat investor mulai keluar dari aset-aset berisiko dan beralih ke aset safe haven yang lebih aman tapi pasti. Karena itu, meski emas sempat anjlok, akhirnya kembali rally.
      Namun sentimen negatif kini sedikit berkurang setelah Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel terus mengadakan pertemuan diskusi maraton dengan PM Yunani Papandreou terkait masalah referendum mendadak. Dan pertemuan tersebut diperkirakan dapat memberikan hasil positif bagi kelanjutan Yunani sehingga otomatisi momentum rally Emas turut terkikis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar