Selasa, 17 April 2012

Permintaan Emas India Merosot

     Permintaan Emas India turun sekitar 50% menjelang salah satu musim festival yang biasanya ditandai oleh pembelian logam mulia dibandingkan tahun lalu. Penurunan permintaan disebabkan oleh faktor tingginya harga Emas serta prospek investasi yang cukup lemah.
     Para pengusaha perhiasan mengharapkan untuk meraup keuntungan pada pulihnya permintaan di festival Akshay Tritiya setelah terpukul oleh aksi pemogokan yang berlangsung selama 20-hari dan berakhir pada 6 April. Namun penjualan kali ini anjlok menjadi 200-300 kilo Emas, dibandingkan penjualan sebesar 500-600 kilo untuk kondisi normal.
     Festival yang jatuh pada tanggal 24 April nanti biasanya ditandai dengan pemesanan perhiasan Emas 10 hari sebelum perayaan Akshay Tritiya untuk menghindari kenaikan harga di hari terakhir akibat tingginya permintaan. Mayoritas populasi beragama Hindu di India meyakini investasi Emas pada hari festival tersebut dapat mendatangkan berkah keberuntungan.
     Meski demikian, perayaan festival kali ini kemungkinan mengalami penurunan permintaan akibat faktor harga Emas yang sudah terlampau tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar