Rabu, 20 Maret 2013

Trading AUD/USD Pasca Rilis Berita

Sebagian besar instrumen keuangan di bursa tergolong sendsitif terhadap kemunculan berita ekonomi tertentu. Tidak terkecuali pair AUD/USD, yang harganya bisa bergerak karena hasil dari suatu data penting. Rilis berita ekonomi bisa menjadi penggerak harga nomor satu di pasar keuangan. Pelaku pasar kerap mencermati berita-berita ekonomi, politik hingga sosial dan menjadikannya sebagai acuan untuk melakukan transaksi.
Data-data ekonomi yang biasanya mempengaruhi pasangan mata uang ini adalah laporan fundamental yang berasal dari Australia.

Beberapa data yang memiliki dampak cukup besar terhadap pergerakan AUD/USD antara lain :
- Neraca Perdagangan (Trade Balance)
- Data Perubahan jumlah tenaga kerja (Employment Change)
- Data Penjualan Ritel (Retail Sales)
- Pengumuman suku bunga (Cash Rate)

Data - data diatas termasuk indikator utama yang menggambarkan kesehatan ekonomi Australia. Sesaat setelah data - data penting tersebut keluar, harga langsung bereaksi. Apabila hasilnya negatif, harga biasaya langsung bergerak turun dan sebaliknya jika datanya lebih bagus dari prediksi maka harga biasanya langsung menguat.

Gambar disamping menunjukkan reaksi harga setelah data mengenai Employment Change keluar.









Untuk mengetahui strategi trading yang bisa digunakan pasca rilis berita, silahkan mengikuti free edukasi di PT. Monex Investindo Futures bersama Dewa Ayu Ratih (Riset dan Edukasi cabang Bali) 0361-3651880

Tidak ada komentar:

Posting Komentar