Rabu, 08 Juni 2011

Akhir dari Rally Emas ??

Di awal Mei, emas terpaksa mengakhiri rally yang sudah berlangsung selama hampir 3 bulan. Pelemahan mencapai sekitar 7% dari titik tinggi $1576 ke level rendah $1463. Periode koreksi berlangsung sangat cepat, hanya dalam empat hari. Kondisi ini mengingatkan kita pada suatu pola di pasar finansial ; jika harga naik terlalu cepat, maka penurunannya juga demikian. Apa sebenarnya yang menyebabkan emas kehilangan tenaga?? Beberapa alasan berikut bisa menjawab pertanyaan ini :                     
  • Euro anjlok dari level tingginya terhadap USD setelah Presiden ECB tidak memberi indikasikenaikan suku bunga dalam waktu dekat.
  • Negara perekonomian terbesar dunia, AS merilis GDP lebih rendah pada angka 1.8% , atau lebih jauh rendah dibanding catatan sebelumnya 3,2%.
  • Miliarder George Soros melepas posisi pada 99% sahamnya di SPDR Gold Trust dan 5 juta saham di iShares Gold Trust. Ia juga mengurangi investasi saham di VovaGold Resources Inc dan Kinross Gold Corp. Total seluruh saham berbasis emas yang dilepas hampir mencapai $800 juta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar