Rabu, 27 Juni 2012

Soros Ingin Eropa Segera Bertindak

     Miliuner George Soros anjurkan Eropa untuk bentuk lembaga yang akan membeli obligasi pemerintah Italia dan Spanyol dan memperingatkan jika Eropa gagal hasilkan solusi pekan ini maka euro akan hancur. “Pimpinan Uni Eropa harus membuat Badan Fiskal Eropa yang akan membeli obligasi pemerintah jika Italia dan Spanyol berhasil jalankan target penghematan,” ujar Soros ketika diwawancara oleh Bloomberg TV. “Pendanaan dapat bersumber dari penjualan obligasi Eropa, yang akan memiliki yield rendah karena didukung oleh setiap anggota zona-euro.”
     Perancis dan Italia telah mendesak Jerman untuk ambil tindakan tegas demi akhiri krisis utang setelah biaya pinjaman obligasi pemerintah Spanyol bertenor 10-tahun mencapai level kritis 7%. Namun, pemimpin Uni Eropa belum capai kata sepakat mengenai solusi terbaik jelang pertemuan 28-29 Juni mendatang.
      “Eropa kini mulai kehabisan waktu untuk tunjukan kepada investor bahwa Eropa bisa selamatkan euro,” tutur Soros. "Ada perbedaan pendapat. Kecuali jika perbedaan tersebut dapat diselesaikan dalam tiga hari maka Eropa bisa terpuruk. Bursa saham dan obligasi pemerintah Eropa akan bereaksi negatif jika Eropa gagal umumkan rencana pekan ini untuk mengurangi tekanan terhadap Spanyol dan Italia.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar