Kamis, 14 Juli 2011

Situasi Tidak Pasti?? Emas Pasti!!

      Jika Anda ingin berinvestasi di pasar keuangan namun tiba-tiba muncul situasi tidak pasti, apa yang Anda lakukan? Diam saja dan menunggu sampai situasi menjadi lebih pasti, atau mencari informasi dimana menempatkan investasi yang pasti? Sebagai investor yang cerdas, Anda tetntu memilih opsi yang ke-dua. Namun patut diketahui lebih dahulu mengapa situasi pasar keuangan bisa tidak pasti dan menentukan investasi apa yang memberi kepastian. Berikut ini akan memberikan jawaban yang jelas untuk kedua pertanyaan ini sekaligus memberikan tips cara praktis menerapkan strategi trading.

 

Situasi Tidak Pasti
Drama hutang zona euro semakin rumit karena bailout senilai 12 miliar euro, yang menjadi bagian dari program bantuan 110 miliar euro di awal tahun 2010 masih diperdebatkan. Amerika Serikat juga terperangkap situasi yang memprihatinkan akibat beban hutang sangat besar. The FED sendiri mengakui bahwa jika AS gagal menaikkan limit hutang pemerintah maka AS berpotensi kehilangan kredibilitas. Gubernur FED, Ben Bernanke menyebut jika negaranya gagal menaikkan batas hutang, maka status USD sebagai alat tukar dunia akan hancur.
 

Investasi Pasti
Mengacu pada ketidakpastian di pasar keuangan, investor merasa khawatir dengan nilai aset-aset yang mereka miliki. Seandainya AS benar-benar gagal menaikkan batas hutangnya, maka pasar keuangan akan terguncang. Demikian pula dengan masalah hutang Eropa, jika terus berlanjut maka investor akan hilang kepercayaan dan takut memilih transaksi aset beresiko. Lalu apa yang harus dilakukan?? Satu-satunya cara adalah mencari investasi yang pasti, keamanan terjamin dan minim resiko. Karakter seperti itu hanya ada pada EMAS, logam mulia yang terbukti tangguh bertahan dalam krisis apapun. Harga emas akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Seandainya masalah hutang makin memburuk, maka harga emas dipastikan melambung.


Strategi Trading
Sejak awal 2011, emas mengalami koreksi yang wajar. Berdasarkan pola Fibonacci retracement, emas terkoreksi tidak lebih dari 72,8% (hitungan Fibonacci : 0%, 23,6%, 38,2%, 50%, 61,8%, 72,8% dan 100%). Jika emas terkoreksi antara 50%, 61,8% dan 72,8% dari pola ini maka kita bisa mengambil suatu kesimpulan bahwa ada peluang bagus untuk membeli emas saat koreksi pada tiga level tersebut. Tempatkan posisi beli di area 50%, 61,8% dan 72,8% dengan stop loss jika tembus 72,8%
Selamat mencoba, semoga sukses dalam trading!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar