Rabu, 17 Agustus 2011

Is Gold Too Expensive Now??

Harga emas sudah mencapai level tertinggi sepanjang sejarah, di atas $1620 per ons pada 25 Juli 2011. fenomena logam mulia mengundang pertanyyan baru: "Apakah harga emas sudah kemahalan?" Pertanyaan ini pasti muncul di benak kit a, mengingat harga emas sudah mengalami kenaikan cukup besar sepanjang 2011. Di awal tahun, harga emas berada di kisaran $1300 per ons. Jika dihitung secara persentase, emas telah naik sekitar 23% dalam tahun ini saja. Apakah sudah waktunya untuk menjual emas?? atau masih adakah peluang untuk membeli?? Ulasan berikut ini akan menjawab beberapa pertanyaan tersebut.


1. Emas sudah mahal
    Dari sisi harga, emas memang sudah cukup mahal. Namun sangat menarik jika melihat permintaan emas yang terus bertambah, bahkan saat ini berada di level tinggi. Volume permintaan terus meningkat karena emas saat ini dianggap sebagai investasi paling aman dibandingkan instrumen lain, dengan resiko yang lebih kecil tentunya. Ketidakpastian ekonomi tampaknya menjadi alasan utama yang mendorong investor untuk mengoleksi emas. Jika masalah hutang Eropa semakin buruk dan rating AS sampai diturunkan oleh agensi pemeringkat, maka tujuan utama para investor melarikan dananya adalah pasti emas.

2. Peluang beli emas
    Saat harga mengalami kenaikan cukup tajam, biasanya akan terjadi korwksi untuk sesaat sebelum tren kembali berlanjut. Disinilah terlihat peluang beli ( saat harga melemah ) atau lazim disebut dengan "buy on dips". Pelaku pasar sepertinya akan menjalankan strategi itu karena situasi ekonomi terkini masih belum pasti. Berdasarkan catatan harga sejak 2009, pelemahan terbesar emas hanya sebesar 7%, karena pelaku pasar terbiasa membeli kembali saat harga melemah. Namun, jika emas terkoreksi lebih dalam, maka investor akan melihatnya sebagai sebuah kesempatan beli. Dengan demikian, kecil kemungkinan bagi emas untuk mengalami koreksi sangat dalam hingga 50% seperti yang terjadi pada aset lainnya. Patut diperhatikan bahwa penurunan harga emas yang tajam umumnya terjadi dalam kisaran 3-4 hari, sesudah itu harga kembali naik. Rasio penguatan bahkan bisa lebih besar dibanding penurunannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar