Selasa, 20 Maret 2012

China & India Kikis Prospek Permintaan Emas

     Emas kembali diperdagangkan melemah pada hari Selasa menyusul berlanjutnya pemogokan pengusaha toko perhiasan di India dan komentar suram dari salah seorang petinggi departemen pertambangan terkait permintaan China.
      Saat ini Emas ditawarkan pada kisaran $1655/oz atau sekitar 1,2% di bawah level harga pembukaan hari Selasa setelah sempat menyentuh level terendah harian di kisaran $1641/oz.
    Penurunan pada kepemilikan Emas di ETF akibat berlanjutnya mogok industri perhiasan India mensinyalkan berkurangnya permintaan fisik untuk logam mulia ini. Untuk pertama kalinya dalam 3 pekan terakhir, investor melepas kepemilikan mereka di ETF dalam skala besar.
     Para pengusaha toko perhiasan di India sepakat untuk memperpanjang mogok nasional pertama dalam 7 tahun sebagai upaya mendesak pemerintah membatalkan pajak baru sebesar 1% yang dikenakan terhadap produk Emas tanpa merek.
    "Aksi mogok yang diklaim asosiasi industri telah mencakup lebih dari 90% dari 300 ribu pedagang perhiasan di negara itu sudah berlangsung selama 4 hari dan nampaknya masih akan terus berlanjut," kata analis Commerzbank. "Sebuah pertemuan yang dilakukan antara asosiasi dengan Menteri Keuangan India kemungkinan juga tidak akan menghasilkan apa-apa. Kondisi tersebut mendatangkan resiko negatif untuk sisi permintaan, setidaknya untuk sementara waktu, yang dapat meredam upaya pemulihan harga Emas."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar