Senin, 19 Maret 2012

Emas Hanya Koreksi, Bukan Tren Turun

     Penurunan harga emas secara tajam dari level tinggi terakhir $1800 membuat investor cemas dan beranggapan bahwa tren bullish telah usai. Gambaran dominan pada grafik mingguan emas adalah up trend jangka panjang, yang didefinisikan melalui dua metode.
      Metode pertama menggunakan dua trend line. Grafik emas mingguan COMEX menunjukkan sebuah trading channel kuat. Dimulai sejak April 2010, trend line bawah mendefinisikan garis bawah dari trading channel. Garis atas dari trading channel terkonfirmasi pada Mei 2010. Antara Mei 2010 dan Juli 2011, harga emas rally dan membentuk pola turun di dalam trading channel.
      Metode kedua adalah dengan menggunakan indikator Guppy Multiple Moving Average. Grup rata-rata jangka panjang memperlihatkan pola pikir investor. Grup ini melebar dan derajat pemisahannya konsisten. Hal ini menunjukkan tren yang kuat, stabil dan berkesinambungan.


     Lebar pemisahan tetap konsisten meski tetap terjadi penurunan harga emas dari $1800 ke sekitar $1650. Nilai dari garis bawah GMMA jangka panjang dekat dengan nilai trend line bawah pada trading channel. Hal ini menyediakan dua fitur support kuat terhadap tren saat ini.
     Perilaku normal untuk harga emas sejak Mei 2010 adalah diperdagangkan dalam batas garis-garis trading channel. Ketika harga bergerak ke atas garis bagian atas channel emas, maka breakout rally bersifat temporer. Harga biasanya kembali ke dalam trading channel. Terkadang penurunan sangat cepat seperti apa yang terlihat pada koreksi harga dari $1924 ke $1541 pada Oktober 2011 lalu.
     Rebound dari garis atas trading channel yang terjadi belakangan ini telah memberi resisten kuat dekat $1800. Koreksi dari level tersebut bukan suatu kejutan. Pengujian batas bawah dari trading channel dekat $1650 juga bukan suatu kejutan. Emas berpeluang besar untuk kembali diperdagangkan dalam pola rally dan koreksi antara trend line yang membentuk trading channel.
    Perilaku ini bisa meliputi koreksi temporer ke melampaui trend line bawah dan trader agresif akan menggunakannya sebagai titik masuk.
    Pola yang lama terbentuk selama perjalanan tren dalam trading channel menunjukkan bahwa setiap breakout ke $1800 cenderung memiliki karakter untuk rally ketimbang tren berkesinambungan. Hal ini menyediakan peluang untuk trading jangka pendek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar