Selasa, 01 Oktober 2013

‘Shutdown’ Pemerintah AS Menggeser Ekspektasi ‘Tapering’ Fed

      “Lupakan sejenak potensi tapering stimulus Federal Reserve AS pada pertemuan akhir bulan Oktober,” menurut beberapa ekonom pada hari Selasa. Penutupan sebagian pemerintahan AS yang dimulai hari Selasa secara efektif telah memupus kemungkinan langkah kebijakan bank sentral itu, tambah mereka.

     “Shutdown pemerintah AS akan menyebabkan tidak adanya rilis data Non Farm Payrolls hari Jumat nanti dan pengurangan stimulus moneter oleh Federal Reserve pada akhir Oktober,” kata David Blanchflower, seorang profesor ekonomi dari Dartmouth College yang juga merupakan mantan anggota dewan kebijakan Bank of England. “Kondisi itu juga akan memaksa Fed untuk mewaspadai setiap dampak dari penutupan sebagian pemerintahan AS, mengingat kali ini pekerja pemerintahan kemungkinan tidak akan mendapatkan penggantian upah mereka yang tidak diterima selama shutdown.”
 
      Dengan musnahnya potensi pengurangan laju pembelian $85 milyar obligasi per bulan pada pertemuan kebijakan 31 Oktober mendatang, mendorong pelaku pasar untuk menggeser ekspektasi tapering ke rapat kebijakan terakhir Fed untuk tahun ini pada 17-18 Desember.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar