Minggu, 15 Desember 2013

Asmussen Keluar dari Dewan Kebijakan ECB

      Joerg Asmussen pada hari Minggu lalu mengatakan ia akan berhenti dari jabatannya sebagai anggota dewan eksekutif European Central Bank di Frankfurt untuk menerima jabatan Wakil Menteri Tenaga Kerja di pemerintahan Jerman yang baru untuk “alasan yang pribadi”. Asmussen, salah satu anggota Partai Sosial Demokrat poros kiri, menjabat sebagai wakil menteri Keuangan di Berlin pada tahun 2008 hingga 2011 sebelum terpilih sebagai Dewan Eksekutif ECB oleh Kanselir Angela Merkel di tahun 2012.

      Wajahnya telah cukup dikenal pada siklus keuangan Eropa, memberikan pidato dari Athena hingga Madrid. Kepulangannya secara mendadak menuju Berlin dan menjabat dalam pemerintahan menambahkan sejumlah orang internasional pada koalisi poros kanan yang akan mulai menjabat pada hari Selasa nanti.

       Asmussen mengatakan ia ingin mengundurkan diri dari markas ECB di Frankfurt, dan menerima jabatan yang notabene lebih rendah, agar dapat menghabiskan lebih banyak waktu dekat keluarganya yang masih kecil. "Ini bukanlah merupakan keputusan yang mudah bagi saya," ucap Asmussen pasca penunjukkan diumumkan oleh Menteri Tenaga Kerja Jerman Andrea Nahles. "Saya akan mengundurkan diri dari dewan eksekutif ECB secepatnya. Alasan saya mengambil langkah ini murni bersifat pribadi, terkait dengan situasi keluarga saya." Tambahnya: "Hanya saja tidak mungkin untuk memiliki jabatan di Frankfurt untuk jangka panjang, dengan perjalanan bisnis yang cukup sering, dengan membiarkan keluarga saya dan terutama dua anak saya yang masih kecil di berlin. Tidak ada alasan lainnya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar