Minggu, 15 Desember 2013

Yen Coba Pulihkan Diri Pasca Survei Tankan

     Meskipun masih terbilang lemah, mata uang yen mampu membatasi pelemahan selanjutnya dan nampak coba memulihkan penguatannya berkat data sentimen bisnis yang muncul memukau saat di rilis pagi ini (Senin, 16/12).

     Indeks sentimen bisnis dari sejumlah manufaktur besar di Jepang (survei Tankan) naik ke level tertinggi dalam 6 tahun terakhir pada kuartal IV, menurut Bank of Japan pada hari Senin. Indeks sentimen naik hingga ke level +16, naik sebanyak 4 poin dari kuartal ke-3 dan berada di atas perkiraan pada analis dan ekonom sebesar +15.

     Data tersebut menjadi data terkini dari sederet data yang di rilis oleh pemerintah, dan memberikan sinyal bahwa kebijakan stimulus dari Perdana Menteri Shinzo Abe memiliki dampak positif pada negara dengan perekonomian terbesar ke-3 di dunia itu.    
   
     Kurs yen terpantau menguat ke level 103.01 terhadap dollar AS setelah berhasil rally hingga 102.98. Sedangakn pada sesi penutupan akhir pekan lalu, yen berakhir pada level 103.21 dan berhasil menguat ke level 102.97 yen.

Technical Outlook USD/JPY 
    
     Bias netral dalam jangka pendek namun secara keseluruhan kami masih bullish dengan targer terdekat di sekitar area 104.20, sebelum menguji area 104.65. Support terdekat ada di sekitar area 102.65, break dan level penutupan harian ke bawah area tersebut dapat memicu koreksi bearish lanjutan menguji area 102.00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar