Kamis, 02 Januari 2014

Emas Yakin Dengan Permintaan Fisik Asia

       Emas rally di awal sesi Asia seiring berlanjutnya aksi bargain-hunting di tengah merebaknya keyakinan akan meningkatnya permintaan fisik emas dari Asia. Investor sepertinya kembali melirik logam mulia setelah harga menyentuh level rendah 6 bulan di penghujung tahun 2013. Pasar juga berharap permintaan fisik emas dari Cina akan meningkat menjelang perayaan imlek pada 31 Januari mendatang. Investor juga yakin akan bertambahnya permintaan emas fisik dari India setelah bank sentral India melonggarkan peraturan impor emas. Cina dan India merupakan dua konsumen emas terbesar di dunia. XAU/USD kini diperdagangkan $1231; dekat level tinggi harian $1235. 

        Meski demikian, sentimen masih rapuh pasca keputusan Federal Reserve untuk mulai kurangi program pembelian obligasi pada pertemuan Desember lalu. Kinerja cemerlang emas dalam 6 tahun terakhir turut ditopang oleh program stimulus bank sentral AS. Dengan Fed yang telah mulai tapering dan bersiap mengakhiri pemberian stimulus di akhir tahun 2014 maka potensi rally emas juga berkurang. Rapuhnya sentimen juga ditunjukan oleh berkurangnya kepemilikan emas berbasis ETF, instrumen yang sering digunakan oleh investor untuk berinvestasi emas. SPDR Gold Trust, ETF terbesar di dunia, utarakan kepemilikan emasnya berkurang sebanyak 3,6 ton menjadi 794,62 ton pada hari Kamis. 

Technical Outlook
    
Bias bullish dalam jangka pendek menguji area 1235. Break di atas area tersebut seharusnya memicu momentum bullish lebih lanjut menguji area 1250. Pada pergerakan ke bawah, support terdekat terlihat disekitar area 1220, break konsisten dibawah area tersebut akan membawa harga ke zona netral, lebih jauh menguji area 1200.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar